About Me

My Photo
Sorowako, Sul-Sel, Indonesia
It nice to be important but more important to be nice

Friday, 18 February 2011

Gempa Guncang Kota Sorowako Luwu Timur

Info Terbaru Luwu Timur :

Gempa berkekuatan 6,1 skala Ritcher mengguncang wilayah penghasil Nikel, Kota Sorowako, Sulawesi Selatan, Selasa (15/2) tepat pukul 20.33 WIB. Gempa itu merupakan gempa darat sehingga tidak berpotensi tsunami.

Petugas Analisis Gempa Bumi Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Bayu Pranata, mengatakan titik gempa 19 kilometer timur laut Sorowako, dengan kedalaman 20,6 kilometer di bawah tanah (sangat dangkal).

“Efek gempa meluas dirasakan hingga Kendari, Sulawesi Tenggara, dan Poso, Sulawesi Tengah,” kata Bayu saat dihubungi Tempo, Selasa (15/2) malam.

Gempa terjadi karena sesar atau patahan matano yang merupakan terusan dari patahan palu koro bergeser. Namun, kata Bayu, belum bisa dipastikan motif pergeseran apakah menyamping atau naik turun. “Kemungkinan besar menyamping,” katanya.

Efek kerusakan pada pusat gempa sekitar 5 MMI (modified mercally intensity), di Poso sekitar 4 MMI, Masamba dan Palopo sekitar 3 MMI, dan wilayah terjauh Kendari 2-3 MMI.

Skala kerusakannya, seperti getaran dirasakan kencang, jendela kaca pecah, pohon tingi bergoyang, bandul lonceng berhenti, orang terbangun, barang di atas meja terlontar, dan daun pintu bergoyang kencang.

“Terjadi kerusakan ringan pada rumah dengan banggunan dan konstruksi yang baik,” kata Ali Imran, petugas analisis gempa lainnya.

Dari lokasi gempa, Suryadin, 32 tahun, salah seorang warga Masamba, mengatakan gempa membuat warga panik. Meski hanya sebentar, sekitar 2-3 detik, warga berlarian ke luar rumah.

“Alhamdulillah bangunan rumah tidak sampai rusak, cuma goyangannya kencang,” katanya saat dihubungi.

Jaringan telekomunikasi, kata dia, tidak terganggu dan aliran listrik sudah menyala setelah sempat beberapa saat padam. Namun aliran listrik di Sorowako padam total sampai keesokan harinya.

No comments:

Post a Comment

Loading